BERTRANSFORMASI MENJADI CEO YANG LEBIH BAIK

CARA CEO MEMILIH ORANG YANG TEPAT DALAM TIM KEPEMIMPINAN
Mei 11, 2020
HAL YANG PERLU DIPELAJARI OLEH SEORANG CEO HEBAT
Mei 18, 2020

Seorang CEO harus bertransformasi menjadi lebih baik agar mampu memastikan perusahaan atau organisasinya mencapai sasaran dan visi yang hendak dicapai. Berikut adalah langkah yang tepat untuk bertransformasi menjadi CEO yang lebih baik:

  1. Berusahalah untuk membuat pekerjaan tim Anda lebih mudah.

    Salah satu peran CEO ialah meningkatkan dan mengubah efisiensi dan efektivitas karyawan mereka agar bisa bekerja lebih baik. Jangan menambah birokrasi yang kurang diinginkan, pembuatan laporan tanpa henti, dan mengadakan rapat panjang karena semua ini bisa digantikan dengan mengirimkan pesan elektronik.

  1. Jangan mendikte bagaimana tim Anda melakukan pekerjaannya.

    CEO tidak diharapkan untuk menjadi ahli dalam segala bidang. Satu cara untuk tidak mendikte adalah memberi tahu karyawan tentang keinginan dan harapan Anda, lalu biarkan mereka memutuskan bagaimana mencapai target tersebut. Jika karyawan merasa pimpinan tidak percaya pada mereka, maka karyawan akan kesulitan untuk melakukan pekerjaan mereka.

  1. Jangan menghukum orang yang mencoba hal baru.

    Kesalahan sering kali terjadi dan sebagai seorang CEO yang baik, Anda harus bisa membedakan antara kesalahan yang dihasilkan karena kelalaian dan yang bukan.  Jika kesalahan terjadi karena kelalaian, maka Anda disarankan untuk mengambil alih pekerjaan tersebut. Akan tetapi, untuk meningkatkan produktivitas karyawan, Anda harus menciptakan suatu lingkungan di mana mereka bisa mencoba hal baru tanpa takut adanya hukuman jika mereka melakukan kesalahan.

  1. Menekankan work-life balance

    Pemimpin harus selalu peduli dengan kesehatan dan keadaan karyawan dengan cara mengamati kelebihan jam kerja dan pekerjaan yang diberikan di akhir pekan. Berhati-hatilah dalam pembuatan kegiatan yang diadakan pada malam hari dan akhir pekan. Selain itu, menyarankan karyawan untuk pulang karena sudah larut meskipun mereka harus lembur untuk mengejar deadline merupakan hal positif. Dengan begitu, karyawan akan menghargai kepedulian Anda terhadap work-life balance mereka.

 

Referensi:
Belyh, A. (2019, September 24). Starved for a Leader? Here’s What Makes a Person a Good CEO. Retrieved from https://www.cleverism.com/starved-for-a-leader-heres-what-makes-a-person-a-good-ceo/