ASAHLAH GERGAJI

WUJUDKAN SINERGI
Februari 24, 2020
TEMPAT KERJA BAGI DAN UNTUK MANUSIA
Maret 2, 2020

Ketika Anda bertemu seseorang di hutan dan dia kelelahan karena telah bekerja selama berjam-jam untuk menebang pohon, Anda bisa menyarankan dia untuk meluangkan waktunya sebentar untuk mengasah gergaji agar mempermudah pekerjaan selanjutnya.

Mengasah gergaji yang adalah kebiasaan ketujuh, pada dasarnya mengekspresikan dan memperbarui keempat dimensi dari fisik, mental, spiritual, dan emosional/sosial secara teratur dan konsisten dengan cara yang bijaksana dan seimbang. Untuk melakukan ini kita harus proaktif. Kegiatan ini merupakan aktifitas di Kuadran II dan III seperti yang telah dibahas di kebiasaan ke tiga. Ini adalah investasi tunggal yang paling kuat yang bisa kita buat kepada diri kita sendiri. Hanya kita sendirilah yang dapat membuat diri kita efektif, oleh karena itu kita perlu mengenali pentingnya meluangkan waktu untuk mengasah gergaji dengan empat cara.

  • Dimensi Fisik

    Esensi memperbarui dimensi fisik adalah melatih tubuh kita secara teratur dengan cara yang akan melestarikan kapasitas kita agar bisa bekerja dan beradaptasi serta bermain.

  • Dimensi Spiritual

    Dimensi ini adalah inti Anda, pusat Anda, komitmen Anda pada sistem nilai-nilai Anda. Ini adalah area yang sangat pribadi dan penting.

  • Dimensi Mental

    Pengembangan mental berhubungan dengan mengasah pikiran dan pengetahuan. Pengembangan ini sebagian besar datang dari pendidikan formal.

  • Dimensi Sosial/Emosional

    Dimensi sosial dan emosional saling terikat karena kehidupan emosional kita dikembangkan dan diwujudkan dalam hubungan kita dengan orang lain. Dimensi ini sangat berhubungan dengan rasa aman intrinsik dan ketenangan pikiran.

Pembaruan yang seimbang adalah yang bersinergi secara optimal. Hal yang Anda lakukan dalam memperbarui satu dimensi dapat berdampak kepada dimensi lainnya. Contohnya, kesehatan fisik Anda memengaruhi kesehatan mental Anda dan kesehatan spiritual Anda memengaruhi kekuatan sosial/emosional Anda. Di dimensi apapun, Anda meningkatkan kemampuan Anda untuk menjalani setidaknya satu dari tujuh kebiasaan. Walaupun kebiasaan tersebut berurutan, perbaikan pada satu kebiasaan secara sinergi akan meningkatkan kemampuan Anda untuk menjalankan sisanya.

Berikut adalah langkah – langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengasah gergaji:

  1. Buatlah daftar kegiatan yang dapat membantu Anda untuk menjaga kondisi fisik Anda tetap bugar, cocok dengan gaya hidup Anda, dan bisa Anda nikmati dari waktu ke waktu.
  2. Pilih kegiatan dan tulis hal tersebut sebagai target pribadi Anda untuk minggu depan. Pada akhir pekan, Anda dapat mengevaluasi pekerjaan Anda. Jika Anda tidak mencapai target, mungkin Anda menempatkannya di bawah nilai-nilai yang tinggi atau Anda lalai dalam bertindak dengan integritas Anda
  3. Buatlah daftar yang mirip di kegiatan pembaruan dimensi spiritual dan mental Anda. Di area sosial/emosional, tuliskan hubungan yang ingin Anda tingkatkan atau situasi tertentu. Pilih satu hal tiap area untuk tuliskan sebagai sasaran pada minggu itu. Laksanakan lalu di evaluasi.
  4. Harus berkomitmen untuk menulis kegiatan “mengasah gergaji” di ke empat dimensi setiap minggu, lalu di laksanakan dan di evaluasi setiap kinerja Anda.

 

Referensi:
Covey, S. R. (2015). 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif. (R. A. Djanuar, Ed., I. Rosalina, & R. A. Djanuar, Trans.) Jakarta: Dunamis Intra Sarana.