7 ELEMEN PENTING DALAM STRATEGIC PLANNING

MANAJEMEN MEETING UNTUK HASIL YANG PRODUKTIF
April 23, 2018
4 UNSUR DALAM MANAJEMEN PROYEK
Mei 7, 2018

Strategic plan adalah suatu hal yang menyatakan arah berjalannya sebuah perusahaan atau unit kerja. Proses pengembangan strategic plan dilakukan dengan me-review kembali letak eksistensi perusahaan dalam lingkungan bisnis untuk menentukan arah atau tujuan yang ingin dicapai beserta cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencapai hal tersebut. Tanpa adanya strategi dan rencana yang jelas, pekerjaan akan tetap selesai, namun tidak akan terasa berarti tanpa adanya tujuan dan prioritas yang jelas. Sebelum membentuk strategic plan, berikut adalah tujuh elemen penting yang harus dipertimbangkan:

  1. Mission statement

    Misi perusahaan mendeskripsikan hal-hal apa saja yang dilakukan oleh perusahaan untuk meraih visinya. Selain itu, misi perusahaan juga menjelaskan untuk siapa dan bagaimana perusahaan melakukan apa yang mereka lakukan. Dengan memiliki misi yang jelas, maka perusahaan akan lebih fokus dalam mengerjakan hal-hal yang perlu dilakukan untuk meraih visinya.

  2. Core values

    Menjelaskan keyakinan dan company culture perusahaan, core values adalah suatu hal yang akan membantu perusahaan mencapai visi dan misinya.

  3. Vision statement

    Visi perusahaan adalah suatu hal yang menyatakan arah serta letak perusahaan di masa depan. Visi perusahaan biasanya berlaku untuk tiga hingga lima tahun berikutnya, namun dapat melebihi jangka waktu tersebut sesuai kebutuhan perusahaan. Sebuah visi harus dapat menetapkan arah berjalannya perusahaan serta menjadi esensi atau nilai yang tepat dalam segala hal yang dilakukan oleh perusahaan.

  4. Tujuan jangka panjang

    Tentukan terlebih dahulu tujuan jangka panjang perusahaan Anda sebelum menetapkan strategic plan. Dengan adanya tujuan jangka panjang yang jelas, maka strategic plan perusahaan Anda pun akan semakin efektif untuk mempertahankan serta memperkuat eksistensi perusahaan dalam lingkungan bisnis.

  5. Target tahunan

    Setiap perusahaan harus memiliki target tahunan untuk meraih tujuan jangka panjangnya. Agar efektif, target-target ini harus dijabarkan secara spesifik dan realistis dengan jangka waktu tertentu untuk meraihnya.

  6. SWOT Analysis

    Mencakup strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (kesempatan), dan threats (ancaman), SWOT Analysis akan membantu perusahaan membentuk strategic planning yang tepat dan efektif untuk terus mempertahankan eksistensinya di tengah banyaknya persaingan di dalam dunia bisnis.

  7. Action Plans

    Agar semakin berkembang, perusahaan harus memiliki action plan untuk setiap tujuan yang ditetapkannya. Dengan memiliki action plan yang taktis dan efektif, maka akan semakin mudah bagi perusahaan Anda untuk meraih visi dan tujuan jangka panjangnya.

Pada akhirnya, strategic plan adalah hal yang menentukan arah serta tujuan berjalannya sebuah perusahaan. Tanpa adanya strategic plan, maka pekerjaan yang dilakukan dalam perusahaan hanya akan terasa seperti mengikuti arus saja tanpa adanya target yang signifikan untuk berkembang. Pastikan strategic plan yang Anda bentuk untuk perusahaan Anda memiliki tujuh elemen penting di atas untuk memperkuat eksistensi perusahaan dengan efektif.