5 LANGKAH EFEKTIF UNTUK MEMPERKUAT BISNIS ANDA

PENTINGNYA PERAN KONSULTAN MANAJEMEN DALAM ORGANISASI
Maret 19, 2018
MEMBUAT DIRI LEBIH BERHARGA DI HADAPAN ATASAN
April 2, 2018

Dunia bisnis cenderung berubah-ubah, mulai dari munculnya teknologi baru, pergantian tren pasar, hingga persaingan bisnis yang semakin ketat. Perusahaan harus selalu menyesuaikan strategi mereka dengan perubahan yang terjadi untuk mempertahankan dan memperkuat posisi mereka dalam lingkup bisnisnya. Berikut adalah beberapa langkah efektif yang dapat Anda lakukan bersama tim untuk memperkuat bisnis perusahaan Anda:

  1. Menentukan visi, misi, dan destination statement yang tepat
    Segala perkembangan selalu dimulai dengan titik awal yang tepat. Titik awal ini dapat Anda temukan dengan mengadakan meeting mengenai corporate identity (visi, misi, dan nilai) perusahaan Anda bersama tim dalam perusahaan.
  2. Mengembangkan strategi untuk perkembangan
    Dengan menemukan SWOT yang akurat, tim Anda dapat mulai mengembangkan strategi yang efektif untuk memperkuat posisi bisnis perusahaan Anda, seperti menganalisis pasar yang ada serta mengantisipasinya untuk mencapai target-target kinerja perusahaan.
  3. Membekali karyawan baru dengan pengetahuan yang relevan
    Perusahaan juga harus selalu membekali karyawan baru dengan berbagai pengetahuan untuk mendukung kemajuan perusahaan. Banyak perusahaan, contohnya, mengadakan sesi makan bersama dengan CEO atau eksekutif mereka dengan para karyawan. Tujuan sesi ini adalah untuk mengenalkan karyawan baru kepada para eksekutif perusahaan serta menambah pemahaman mereka mengenai strategi serta culture perusahaan untuk membantu mereka berkembang di dalamnya.
  4. Mengevaluasi performa perusahaan dalam 4 kuartal setiap tahun
    Dengan adanya evaluasi performa yang rutin dalam 4 kuartal setiap tahunnya, maka perusahaan dapat mengidentifikasi hal-hal apa saja yang tidak efektif serta memperbaikinya untuk hasil yang lebih optimal. Evaluasi ini dapat dilakukan bersama oleh manajer-manajer dalam perusahaan untuk mempelajari situasi perusahaan dengan lebih tepat serta memberikan pendapat mereka untuk performa dan hasil yang lebih baik.
  5. Membentuk tim yang fokus terhadap customer dan market
    Dengan adanya tim yang fokus terhadap customer dan market, maka perusahaan akan lebih fokus terhadap kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi di masa depan. Dengan lebih fokus terhadap kemungkinan-kemungkinan tersebut, maka perusahaan dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk mempertahankan posisi mereka dalam lingkup bisnis mereka ke depannya.

Kesimpulannya, perusahaan harus selalu mengevaluasi performa operasional mereka untuk selalu menyesuaikan diri dengan segala perubahan yang terjadi dalam lingkup bisnis mereka. Dengan adanya pemahaman yang tepat mengenai posisi perusahaan saat ini dan prediksi mengenai kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi di masa depan, maka perusahaan Anda akan mampu mengembangkan sebuah strategi yang efektif untuk semakin memperkuat bisnis perusahaan Anda.