5 KEUNTUNGAN ORGANISASI YANG SELARAS

4 MANFAAT PENDEKATAN TOP-DOWN YANG PERLU DIKETAHUI
Oktober 12, 2020
3 ALASAN UTAMA MENGAPA ORGANISASI TIDAK SELARAS
Oktober 19, 2020

Strategic Alignment, seperti yang sudah kita pahami dari artikel-artikel sebelumnya, merupakan proses yang membawa tindakan dan keputusan setiap divisi bisnis organisasi dan masing-masing karyawan agar sejalan dengan tujuan yang direncanakan organisasi. Penyelarasan strategi yang komprehensif memastikan bahwa setiap divisi dan karyawan pada divisi tersebut bersama-sama bekerja menuju tujuan yang sama. Hal ini pada akhirnya membawa berbagai keuntungan bagi organisasi.

Apa saja keuntungan organisasi yang selaras?

  1. Pengambilan keputusan yang lebih cepat: organisasi yang selaras memberikan pemahaman yang lebih jelas terkait siapa pemegang keputusan untuk setiap aktivitas pekerjaan sehingga pengambilan keputusan dilakukan lebih cepat. Hasilnya adalah eksekusi tindakan yang lebih cepat pula karena tidak perlu membuang waktu untuk berdiskusi mengenai siapa yang bertanggung jawab dalam proses eksekusi tersebut.
  2. Meningkatnya motivasi karyawan: karyawan pada umumnya berharap bahwa kontribusi pekerjaan atau inisiatif yang mereka berikan bermakna bagi organisasi. Organisasi yang selaras dapat dengan baik menghubungkan insiatif tersebut dengan strategi organisasi sehingga memberikan pekerjaan yang lebih bermakna bagi karyawan atas dasar pemikiran mereka sendiri. Dengan begitu, karyawan akan lebih termotivasi dalam melakukan pekerjaannya.
  3. Pengalokasian sumber daya yang lebih efektif dan efisien: organisasi yang selaras dapat membedakan antara aktivitas yang mendorong pertumbuhan bisnis dan aktivitas yang bersifat sebagai pendukung. Penggambaran yang jelas ini memastikan bahwa perusahaan mampu mengalokasikan sumber daya mereka yang terbatas pada aktivitas yang tepat untuk mendorong pertumbuhan bisnis.
  4. Meningkatnya kredibilitas para pemimpin: organisasi yang selaras meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyampaian pesan antara pemimpin dan bawahan. Penyampaian pesan yang lebih efektif dan efisien artinya karyawan lebih mudah memahami ekspektasi para pemimpin. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan kredibilitas para pemimpin.
  5. Mampu mengasah bakat dan keterampilan karyawan: organisasi yang selaras akan memudahkan perusahaan dalam menentukan bakat yang dibutuhkan, siapa yang memiliki bakat tersebut dan bagaimana menempatkan orang yang tepat dalam posisi yang tepat. Ketika penempatan karyawan yang tepat sudah dilakukan, perusahaan dapat memanfaatkan bakat mereka dengan efektif sehingga produktivitas mereka meningkat. 

 

References:
Deshler, R. (2019). 10 Benefits of an aligned organization. Retrieved 02 September 2020 from https://alignorg.com/10-benefits-of-an-aligned-organization/
Rae, D. (n.d.). What is strategic alignment and how your business benefit from it?. Retrieved 02 September 2020 from https://www.billgosling.com/blog/what-is-strategic-alignment-how-can-your-business-benefit-from-it