4 UNSUR DALAM MANAJEMEN PROYEK

7 ELEMEN PENTING DALAM STRATEGIC PLANNING
April 30, 2018
FORMULA PENETAPAN DAN PENCAPAIAN TUJUAN PERSONAL
Mei 14, 2018

Businessman presenting his ideas on whiteboard to colleagues

Manajemen proyek merupakan salah satu komponen penting untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis. Hal ini merupakan usaha agar sasaran strategis dapat tercapai dengan efisien dan efektif. Untuk itu, dibutuhkan seorang project manager yang cakap dan efektif dalam meng-handle sebuah proyek.

Sebagai seorang project manager, setiap proyek yang Anda tangani kemungkinan besar memiliki waktu, tujuan, dan anggaran yang berbeda. Terdapat empat unsur yang harus dipahami dan direalisasikan jika project manager ingin berhasil dalam melaksanakan proyek, yaitu meliputi:

  1. Scope

    Scope merupakan hal yang seharusnya dilakukan dalam suatu proyek, serta anggaran waktu dan uang yang telah diciptakan untuk mencapai tujuan ini. Setiap perubahan pada ruang lingkup proyek, harus memiliki perubahan yang sesuai dalam anggaran, waktu, sumber daya, atau ketiganya.

  1. Sumber daya

    Seorang project manager yang sukses harus secara efektif mengelola sumber daya manusia, ia harus memastikan bahwa karyawannya memiliki keterampilan dan memantau apakah proyek yang dikerjakan dapat selesai sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Project manager juga harus membeli dan mengatur peralatan serta penggunaan material sehingga tim dapat beroperasi secara efisien. Selain itu, software pengelola proyek akan sangat membantu pemantauan dan pengukuran keberhasilan proyek.

  1. Waktu

    Seorang project manager haruslah bisa mengatur waktu yang dibutuhkan proyek secara keseluruhan. Buat jadwal proyek dengan menuliskan daftar semua tugas yang harus diselesaikan. Berikan durasi untuk setiap tugas karena akan ada tugas yang harus dilakukan secara berurutan bahkan bersamaan dan buat panduan terhadap sumber daya manusia terkait agar semua tugas dapat berjalan sesuai rencana. Gunakan gadget Anda sebaik mungkin untuk menyederhanakan tugas dan mengelola jadwal proyek.

  1. Uang

    Memiliki pemahaman yang kuat serta dapat mengelola anggaran awal, kemungkinan yang akan terjadi serta laba secara bijak merupakan tugas dari project manager. Setiap tugas memiliki biaya, baik itu biaya sumber daya manusia, maupun peralatan yang dibutuhkan. Dalam membuat anggaran proyek, Anda harus berjaga-jaga terhadap setiap kemungkinan yang terjadi. Laba merupakan uang yang ingin diperoleh perusahaan dari proyek tersebut.

Suatu hal tidak akan berhasil hanya dalam sekali percobaan, tetapi Anda membutuhkan banyak latihan. Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan dalam mengatur sebuah proyek, maka coba lakukan dialog dengan project manager yang telah sukses, banyak membaca referensi, serta mengelola 4 unsur tersebut dengan bijaksana agar proyek yang sedang Anda jalankan dapat berjalan sesuai tujuan.