4 TANDA BAHWA ANDA ADALAH CALON CEO

APA YANG MENJADIKAN EKSEKUTIF EFEKTIF?
April 30, 2020
TUGAS SEORANG CEO
Mei 7, 2020

Menjadi pemimpin yang luar biasa membutuhkan banyak pengalaman dan pelatihan, tetapi ini bukan berarti semua orang bisa menjadi seorang CEO hanya melalui kerja keras. Anda akan kecewa jika berpikir bahwa semua orang memang terlahir untuk bekerja sebagai CEO. Seorang CEO adalah seseorang yang telah dibentuk untuk melakukan tugasnya dengan baik. Dia telah mengasah kemampuannya untuk menjadi pemimpin yang baik karena dia tahu bahwa “dilahirkan untuk menjadi CEO” saja tidak cukup.

Berikut adalah empat tanda bahwa Anda adalah seorang calon CEO:

  1. Anda Selalu Ingin Tahu dan Seorang yang Terus Belajar.

    Komitmen yang menjadi awal self-improvement yang rutin adalah kunci untuk kepemimpinan yang sukses. Ini adalah praktik yang dilakukan oleh orang terkemuka seperti Warren Buffet, Bill Gates, dan Oprah Winfrey yang mengaku sebagai pembelajar abadi. Sebuah riset telah membuktikan bahwa Anda akan lebih mungkin untuk mencapai puncak sebuah organisasi bila Anda memiliki peran yang bervariasi (dari keuangan hingga pemasaran) daripada menjadi pakar di suatu departemen yang Anda rasa nyaman.

  1. Anda Bersedia untuk Merasa Sebagai Seorang yang Paling Bodoh di Tempat Kerja.

    Kemampuan untuk mengumpulkan dan mendengarkan ide yang luar biasa sangatlah penting daripada kemampuan untuk mengatasi kerumitan di tempat kerja secara efektif dan cepat. Kepemimpinan yang hebat melibatkan kemanusiaan untuk menghormati kemampuan orang lain dan rasa percaya diri yang cukup untuk menunjukkan keterbatasan Anda serta untuk menerima bantuan orang lain.

    Jika Anda seorang calon CEO, Anda akan mendahulukan keinginan untuk belajar dan hasil pembelajarannya. Oleh karena itu, berteman dengan orang yang sangat pintar bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk belajar banyak dari mereka tentang kepemimpinan.

  1. Anda Cenderung Terobsesi.

    Sebagai programmer muda, Bill Gates terkenal bekerja dengan keyboard-nya hingga ia tertidur dalam posisi duduk. Ketika ia terbangun, ia melihat ke atas untuk mengumpulkan kesadarannya selama beberapa detik dan mulai bekerja lagi. CEO GoPro juga mengejar obsesi mimpinya untuk membuat video selancar yang lebih baik lagi. Contoh-contoh ini menunjukkan bahwa orang atau wirausahawan yang sukses sangat terobsesi untuk memecahkan masalah yang sangat penting bagi mereka.

  1. Anda Dapat Bercerita yang Menarik Perhatian.

    Jika Anda ingin mengubah pikiran seseorang dan meyakinkan mereka untuk setuju mengikuti Anda, maka kemampuan untuk memanipulasi emosi diperlukan. Hal ini menjadi sesuatu yang penting karena dipercayai bahwa tidak ada yang dapat memengaruhi emosi kita selain cerita yang menakjubkan.

Referensi:
Stillman, J. (2016, November 10). 5 Signs You’re CEO Material. Retrieved from https://www.inc.com/jessica-stillman/5-signs-youre-ceo-material.html