4 PERTANYAAN DASAR DALAM MENENTUKAN PERENCANAAN STRATEGIS PERSONAL

MEMBANGUN KREDIBILITAS SEBAGAI SEORANG MANAJER BARU
Juni 25, 2018
5 LANGKAH MENINGKATKAN EMOTIONAL INTELLIGENCE PEKERJA MILENIAL
Juli 9, 2018

Tak hanya perusahaan yang memerlukan perencanaan strategis dalam mengembangkan kesuksesan, namun Anda juga perlu perencanaan strategis personal. Anda perlu memastikan apakah Anda dapat menyelesaikan hal-hal penting dalam waktu singkat dengan meminimalisir kesalahan yang akan terjadi. Dalam buku “Master Your Time Master Your Life” yang ditulis oleh Bryan Tracy, perencanaan strategis personal berpusat pada empat pertanyaan dasar. Berikut empat pertanyaan yang perlu Anda tanyakan terhadap diri Anda untuk membantu menentukan perencanaan strategis personal:

  1. Dimana posisi saya sekarang dalam hidup saya?

    Apa yang telah Anda capai sejauh ini? Seberapa besar nilai Anda secara finansial? Kehidupan seperti apa yang Anda miliki? Pada tingkat apa kesehatan dan kebugaran Anda?

  1. Bagaimana saya sampai ke tempat saya sekarang?

    Apa pilihan dan keputusan yang Anda buat di masa lalu untuk menciptakan kehidupan yang saat ini Anda jalani? Apa penyebab utama kesuksesan Anda hingga saat ini dan apa penyebab kemunduran yang Anda alami?

  1. Kemana saya ingin menuju di masa mendatang?

    Buat gambaran mengenai apa yang akan Anda lakukan pada lima tahun ke depan, lalu bayangkan bahwa kehidupan Anda sangat baik dalam setiap aspek. Akan terlihat seperti apakah kehidupan tersebut? Bagaimana kehidupan itu akan berbeda dengan kehidupan Anda saat ini?

  1. Bagaimana saya bisa mencapai dari tempat saya berada sekarang, menuju ke tempat yang saya inginkan?

    Hal-hal berbeda apa sajakah yang dapat Anda lakukan mulai saat ini, untuk menciptakan masa depan Anda yang sempurna?

Jadilah pribadi yang dapat mencapai tujuan personal dengan efisien, tak hanya sekedar ingin memiliki finansial yang baik serta bisa melakukan apapun yang Anda inginkan. Dalam perencanaan strategis personal, Anda diharuskan untuk menetapkan tujuan-tujuan secara jelas dan tertulis agar Anda dapat memeriksa secara tepat tentang strategi yang sesuai untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.