4 MANFAAT PENDEKATAN BOTTOM-UP YANG PERLU DIKETAHUI

MANAKAH YANG LEBIH BAIK: MANAJEMEN TOP-DOWN ATAU BOTTOM-UP
Oktober 5, 2020
4 MANFAAT PENDEKATAN TOP-DOWN YANG PERLU DIKETAHUI
Oktober 12, 2020

Tidak semua perusahaan memiliki pemimpin yang mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang memadai untuk menyelesaikan sebuah masalah. Dalam kasus ini, jika perusahaan memiliki banyak anggota untuk memikirkan sebuah solusi masalah, maka masalah tersebut dapat diselesaikan dengan lebih tepat dan cepat. Kedua contoh tersebut merupakan alasan mengapa pendekatan bottom-up lebih bermanfaat bagi suatu organisasi.

Pendekatan bottom-up merupakan pendekatan manajemen yang mengijinkan semua anggota tim berpartisipasi dalam mengambil keputusan terkait proses perencanaan bisnis. Jika Anda mulai berpikir untuk menerapkan pendekatan bottom-up untuk proses perencanaan bisnis Anda, terdapat beberapa manfaat yang perlu diketahui:

  1. Perencanaan tugas yang lebih efektif

    Karyawan yang terlibat dalam perencanaan kerja akan mampu memperkirakan mengenai apa yang perlu diselesaikan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Hasilnya adalah manajemen waktu yang lebih baik dan proses pengerjaan jauh lebih efektif.

  1. Mendapat wawasan yang lebih luas

    Salah satu keuntungan dari pendekatan ini adalah memberikan pemimpin kesempatan untuk mengambil keputusan dengan wawasan yang lebih luas karena melibatkan berbagai perspektif dari setiap anggota tim organisasi. Hasilnya adalah perencanaan dan penyelesaian tugas yang lebih bermakna.

  1. Karyawan merasa lebih dihargai

    Ketika sebuah perusahaan menerapkan bottom-up, maka setiap karyawan akan merasa suara mereka didengar dan kontribusi mereka dihargai. Karyawan yang merasa didengar dan dihargai akan lebih setia, memiliki moral dan berdedikasi penuh mencapai tujuan perusahaan. Dedikasi penuh karyawan pada setiap pekerjaannya tentunya akan meningkatkan produktivitas.

  1. Kesempatan untuk memaksimalkan potensi

    Dengan pendekatan bottom-up, setiap karyawan memiliki kesempatan untuk membantu pimpinan dengan mengutarakan pendapatnya masing-masing dan menunjukkan kemampuan mereka sehingga potensi mereka bisa diasah. Hal ini memudahkan para pimpinan untuk menemukan kelebihan dan kekurangan masing-masing karyawan dan juga memaksimalkan produktivitasnya.

 

References:
Five Things to Know About the Bottom Up Strategy – Clarizen. Clarizen. (2020). Retrieved 11 March 2020, from https://www.clarizen.com/fivethings-to-know-about-the-bottom-up-strategy/.
Fisher, J.  (2019). Importance of Bottom Up Management and Innovation. Retrieved 20 August 2020, from https://ideadrop.co/importance-bottom-up-management-innovation/