4 HAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN DALAM EMPLOYEE TRAINING

MEMBANGUN KESUKSESAN BISNIS DENGAN MANAJEMEN STRATEGIS YANG EFEKTIF
Mei 21, 2018
3 KEAHLIAN UTAMA YANG WAJIB ANDA MILIKI SEBAGAI PEMIMPIN BERANI
Juni 4, 2018

Tren dalam dunia bisnis selalu berubah-ubah. Beragam ide, produk, strategi, dan teknologi baru terus bermunculan dari waktu ke waktu. Jika sebagai pemimpin, Anda tidak melatih tim Anda untuk peka terhadap segala perubahan dan perkembangan yang terjadi, maka perusahaan Anda pada akhirnya akan tertinggal oleh para kompetitor yang telah jauh berkembang melampaui Anda.

Pelatihan dan pengembangan karir adalah suatu hal yang vital bagi perusahaan, baik untuk pemimpin maupun untuk karyawannya, karena dapat meningkatkan employee engagement dalam perusahaan hingga meningkatkan energi dan produktivitas siapapun yang terlibat di dalamnya. Bagaimanakah cara membentuk sebuah proses employee training and development yang efektif? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Tidak semua orang berkembang dengan cara yang sama
    Salah satu kesalahan besar yang sering terjadi dalam pelatihan adalah menerapkan program pelatihan yang sama ke semua orang, padahal tidak semua orang dapat memahami dan berkembang dengan cara yang sama. Hal ini dapat membuat karyawan Anda kehilangan motivasi serta berkurangnya engagement dalam diri mereka. Tentunya, Anda memiliki target yang perlu diraih dalam pelatihan, namun jangan sampai Anda lupa memperhatikan kebutuhan setiap individu karyawan Anda.
  1. Pastikan materi sesuai dengan kebutuhan karyawan Anda
    Sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa materi pelatihan yang Anda lakukan tepat dan sesuai sasaran dengan apa yang dibutuhkan oleh karyawan Anda. Tentunya, seseorang yang bekerja di sales department membutuhkan pelatihan yang sesuai dengan lingkup pekerjaan mereka dibandingkan pelatihan mengenai bidang pekerjaan lainnya. Dengan sasaran yang lebih efektif, maka dijamin akan lebih efektif pula pelatihan yang Anda lakukan.
  1. Apakah target atau tujuan pelatihan Anda terlalu tinggi atau tidak jelas?
    Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika memberikan pelatihan adalah terlalu besarnya tujuan pelatihan sehingga terasa sulit tercapai sehingga dapat menurunkan motivasi yang ada. Anda juga perlu membuat daftar target yang mudah dicapai dan tepat untuk para karyawan agar dapat terealisasi dalam batas waktu yang telah ditentukan.
  1. Pantau perkembangan karyawan Anda
    Buatlah laporan untuk mengetahui perkembangan karyawan setelah pelatihan berakhir. Anda perlu memastikan bahwa para karyawan telah menyelesaikan target dan memberikan ulasan terhadap pelatihan tersebut. Hal ini perlu dilakukan berulang selama karyawan tersebut berada dalam perusahaan Anda untuk memastikan perkembangan mereka.

Setelah mempertimbangkan empat hal di atas, diharapkan Anda memiliki gambaran mengenai bagaimana proses employee training and development yang efektif. Dengan adanya pelatihan karyawan tersebut, maka karyawan Anda akan lebih termotivasi dan memiliki kontribusi dan tingkat engagement yang lebih besar bagi perusahaan. Tak hanya itu saja, diharapkan dari pelatihan tersebut, karyawan dapat semakin menghargai sesama rekan kerja, sehingga meningkatkan teamwork yang berkualitas dalam perusahaan.