4 HAL YANG MENGINDIKASIKAN MASALAH DALAM KEPEMIMPINAN ANDA

HARUSKAH ANDA MENGATUR ULANG STRUKTUR ORGANISASI ANDA?
April 9, 2018
MANAJEMEN MEETING UNTUK HASIL YANG PRODUKTIF
April 23, 2018

Banyak hal dalam hidup tidak berjalan sesuai rencana, baik dalam konteks bisnis maupun konteks personal. Demikian pula hal yang terjadi dalam kehidupan seorang pemimpin. Banyak hal telah diputuskan dan diproyeksikan untuk kelangsungan serta kemajuan organisasi, tetapi nyatanya masih saja ada beberapa hal yang akhirnya tidak tercapai.

Performa tim yang tidak efektif dapat menjadi penyebab tidak adanya pencapaian visi dan misi organisasi. Namun, sebelum menyalahkan tim atas kegagalan organisasi, cobalah untuk melihat ke dalam diri Anda sendiri terlebih dahulu sebagai pemimpin. Berikut adalah beberapa hal yang mengindikasikan bahwa Anda harus memperbaiki pendekatan kepemimpinan Anda:

  1. Hasil yang selalu tidak memenuhi ekspektasi

    Dalam bisnis, tolok ukur yang mutakhir bagi keberhasilan perusahaan adalah kualitas hasil produksi. Jika Anda mendapati hasil dari tim Anda yang sering atau bahkan selalu tidak memenuhi target yang ditetapkan, maka inilah waktu bagi Anda untuk mengevaluasi permasalahan yang ada dan menemukan solusi yang tepat.
    Perhatikan beberapa hal di bawah ini untuk memperbaiki masalah yang terjadi:

    • Jangan buru-buru dalam mengambil keputusan untuk menghindari munculnya masalah baru.
    • Hindari menyalahkan hal-hal yang berada di luar kendali/kontrol Anda, seperti munculnya produk baru dari kompetitor atau masalah dengan supplier. Mulailah dengan melihat ke dalam diri Anda sendiri terlebih dahulu untuk menemukan masalah dan solusinya.
    • Ingatlah bahwa Anda adalah pemimpin. Bila tim Anda berhasil, hal itu terjadi karena mereka melakukan pekerjaan mereka. Bila mereka gagal, maka ini adalah kesalahan Anda sebagai seorang pemimpin.
  1. Jarang atau bahkan tidak pernah ada ide baru yang muncul

    Pemimpin organisasi adalah orang yang menetapkan serta memastikan berjalannya working environment yang produktif. Bila tim Anda tidak aktif dalam memberikan ide baru untuk perkembangan organisasi, maka inilah waktu yang tepat untuk memperbaiki kepemimpinan Anda.
    Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendorong munculnya ide baru:

    • Daripada memberi perintah atau arahan kepada tim untuk melakukan sesuatu, cobalah menanyakan mengenai ide-ide seperti apa yang dapat mereka kembangkan dalam suatu proyek.
    • Katakan dan tunjukkan kepada tim bahwa Anda terbuka dengan munculnya ide dan inisiatif baru. Dengan ini, maka tim Anda akan lebih berani untuk bereksperimen dan menghasilkan ide-ide baru untuk organisasi.
    • Jangan langsung memarahi atau menegur tim Anda bila mereka melakukan kesalahan. Sebaliknya, berikan pengertian bahwa kegagalan adalah kesempatan untuk belajar dan mencoba dengan lebih baik lagi.
  1. Tim yang tidak dapat bekerja sama

    Merasa bahwa tim yang Anda pimpin tidak menghargai Anda? Bisa saja masalahnya berasal dari diri Anda sendiri. Coba perhatikan beberapa hal di bawah ini dan tanyakan pada diri Anda untuk menemukan solusinya:

    • Apakah Anda memberikan kesan bahwa tim harus bekerja keras untuk mendapatkan kepercayaan Anda? Bisa jadi inilah penyebab mengapa Anda dan tim tidak dapat bekerja sama dengan baik.
    • Untuk memperkuat chemistry sebagai tim, tunjukkan kepada tim bahwa Anda mempercayai mereka. Dengan mengetahui bahwa Anda mempercayai mereka, maka tim akan berusaha dengan lebih giat lagi untuk tidak mengecewakan Anda.
  1. Tim yang hanya menjalani rutinitas tanpa bekerja dengan sepenuh hati

    Meskipun hal ini terjadi, jarang ada pemimpin yang mau mengakui bahwa tim yang dipimpinnya hanya menjalani rutinitas mereka saja. Penting bagi seorang pemimpin untuk menyadari terjadinya hal ini dan menemukan solusi yang tepat untuk kembali mengontrol serta memotivasi tim dalam bekerja.
    Pertimbangkan beberapa hal ini untuk menemukan solusinya:

    • Tim tidak akan semangat bekerja bila mereka tidak merasakan pentingnya peran mereka dalam meraih visi dan misi organisasi.
    • Adakan regular business updates dengan tim untuk memantau progress kerja mereka dan memastikan bahwa mereka memahami peran mereka dalam organisasi.
    • Berikan apreasiasi dan (bila perlu) penghargaan kepada anggota tim yang berhasil dalam proyek organisasi mereka untuk semakin menumbuhkan semangat dalam bekerja.

Pada akhirnya, sebagai pemimpin, Anda memiliki wewenang untuk memantau dan mengontrol terjadinya teamwork yang produktif, inovasi, dan solusi problem-solving yang efektif. Meskipun performa tim yang tidak maksimal sangat mengganggu, cobalah terlebih dahulu untuk melihat ke dalam diri Anda sendiri. Apakah Anda telah melakukan hal-hal yang mencerminkan kepemimpinan efektif dalam organisasi Anda? Dapatkah Anda menjadi teladan bagi tim untuk bekerja dengan produktif? Lakukan beberapa perubahan signifikan dalam kepemimpinan Anda setelah merenungkan hal-hal tersebut, maka hasil produksi tim Anda pun akan semakin membaik pula.