4 Alasan Karyawan Berbakat Tidak Mencapai Potensi Mereka

Tips Menangani Isu Kepercayaan di Perusahaan
Juni 20, 2019
Mengapa Karyawan Keluar dari Pekerjaan Mereka?
Juni 27, 2019

Salah satu alasan mengapa upaya identifikasi talent gagal adalah ketika pengusaha terlalu fokus pada potensi kandidat. Yang penting untuk di prediksi adalah apa yang sebenarnya cenderung dilakukan kandidat setelah mereka berada di pekerjaan, khususnya kinerja mereka. Akan ada perbedaan antara apa yang Anda lihat pada kandidat ketika mereka melamar pekerjaan dan apa yang Anda lihat dari mereka ketika mereka sudah berada di pekerjaan lima tahun kemudian.

 

Berikut adalah empat penyebab umum kinerja yang kurang dan bagaimana cara mengatasinya:

  1. Poor Fit: Psikolog organisasi menyebutnya person-job-fit, yang diukur dengan membandingkan tingkat keselarasan antara sikap, nilai, kemampuan, dan disposisi seseorang, dengan karakteristik pekerjaan, peran, dan organisasi. Masalahnya adalah ketika mengevaluasi kandidat, sering kali organisasi tidak pandai mengevaluasi peran pekerjaan yang mereka tawarkan, khususnya budaya mereka sendiri. Inilah sebabnya mengapa banyak organisasi melihat diri mereka sebagai pribadi yang lebih inklusif, beragam, dan inovatif daripada yang sebenarnya.

  1. Disengagement: Efek samping yang umum dari poor fit adalah disengagement, meskipun ada juga alasan lain yang mendasari kurangnya antusiasme dan motivasi yang biasa ditemukan di tempat kerja. Faktanya, salah satu pendorong disengagement yang paling umum adalah kepemimpinan yang buruk. Malfungsi manajemen menyebabkan begitu banyak orang berkinerja buruk di tempat kerja, sehingga karyawan berbakat dan talent berhenti dari pekerjaan mereka. Memberi tahu atasan Anda bahwa Anda mengalami disengagement dapat mengatasi hal ini karena mereka mungkin tidak menyadarinya dan bersedia melakukan sesuatu untuk membantu Anda, terutama jika mereka menghargai bakat Anda.

  1. Politik Organisasi: Para pemimpin bisnis senang apabila perusahaan mereka menjadi magnet bagi para talent, tetapi kenyataannya adalah ketika mereka mampu menarik talent berkinerja tinggi ke dalam perusahaan mereka, talent-talent itu harus belajar cara mengatasi sisi negatif dan nepotistik dari budaya dan politik organisasi. Tidak mengherankan, banyak karier dan pelatihan eksekutif berfokus pada peningkatan people’s soft and political skills. Kecakapan politik seseorang sangat berguna untuk mempromosikan keberhasilan karier mereka terlepas dari bakat dan keterampilan teknis mereka. Secara umum, semakin terkontaminasi dan rusaknya budaya suatu organisasi, semakin banyak individu yang parasit. Anda dapat mengatasinya dengan memahami politik organisasi dan mengambil bagian di dalamnya. Terlalu naif untuk berpikir bahwa Anda dapat membiarkan bakat Anda berbicara sendiri. Faktanya, semakin Anda berbakat, semakin banyak musuh yang akan Anda buat, khususnya di politik organisasi.

  1. Keadaan Pribadi: Dalam dunia kerja yang semakin menghabiskan waktu ini, banyak orang lupa bahwa mereka juga memiliki kehidupan pribadi. Tidak peduli bagaimana mereka terlibat dan berbakat, kelemahan dan kemunduran pribadi akan sering mengganggu kesuksesan karier mereka. Inilah sebabnya mengapa ada begitu banyak diskusi tentang work-life balance karena batas-batas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi telah terkikis. Atasan yang baik dan yang mendukung akan memahami keadaan Anda, dan Anda menjadi yakin bahwa mereka memiliki kepentingan dalam membantu Anda menangani pekerjaan mereka sehingga Anda dapat memberikan hasil sesuai dengan bakat Anda, dan merasa bersyukur serta berkomitmen kepada mereka dalam jangka panjang.

 

Singkatnya, Anda selalu dapat mengasumsikan bahwa bakat Anda diperlukan, tetapi tidak cukup untuk unggul dan mengesankan di tempat kerja. Mengoptimalkan pekerjaan Anda agar sesuai dengan minat, keyakinan, dan aktivitas kehidupan Anda yang lebih luas, pada akhirnya akan membantu Anda melakukan yang terbaik dari kemampuan Anda.

 

Referensi:
https://hbr.org/2019/03/4-reasons-talented-employees-dont-reach-their-potential?_lrsc=500fbab8-bc8c-4c5b-8c90-7155aca09ee7&utm_source=linkedin&utm_medium=elevate
https://www.fastcompany.com/3054213/three-reasons-why-you-arent-reaching-your-full-potential
https://www.inc.com/marcel-schwantes/research-why-70-percent-of-employees-arent-working-to-their-full-potential-comes-down-to-1-simple-reason.html