10 PRINSIP KEPEMIMPINAN YANG BERDAMPAK

PENTINGNYA PENERAPAN JOB ENRICHMENT DAN JOB ENLARGEMENT DALAM PERUSAHAAN
Desember 13, 2018
CONTOH KPI UNTUK MENGUKUR KINERJA DEPARTEMEN KEUANGAN
Desember 20, 2018

Kepemimpinan adalah salah fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan, memotivasi dan mengawasi orang lain agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah direncanakan sehingga mencapai sasaran dan tujuan organisasinya. Kemampuan kepemimpinan seorang manajer atau CEO akan sangat mempengaruhi kinerja organisasi terutama dalam hal pencapaian visi, misi dan tujuan organisasi. Mengubah visi menjadi dampak bukanlah tugas yang mudah, tetapi prinsip-prinsip berikut ini adalah cara yang bagus untuk memulai.

Beberapa prinsip kepemimpinan yang mengubah visi menjadi dampak antara lain:

  1. Mengejar visi, bukan uang. Apa yang membuat Anda begitu bersemangat bahwa Anda akan senang melakukannya selama 10 tahun tanpa menghasilkan uang?
  1. Bertahan untuk sesuatu yang lebih besar dari apa yang Anda lakukan hari ini. Tujuan utama perusahaan adalah tentang menyediakan layanan pelanggan terbaik seiring berkembangnya perusahaan menjadi lebih besar.
  1. Dapatkan budaya yang benar. Jika Anda mendapatkan budaya yang benar maka semuanya adalah produk alami dari budaya tersebut.
  1. Bersedia untuk merekrut dan memecat orang berdasarkan apakah mereka menjalankan nilai-nilai Anda. Anda perlu menyelaraskan seluruh budaya perusahaan Anda dengan nilai-nilai Anda. Anda harus sangat berkomitmen pada budaya Anda bahwa Anda ingin merekrut dan memecat orang berdasarkan apakah mereka memenuhi nilai-nilai Anda, terlepas dari kinerja mereka.
  1. Bentuk iklan yang paling kuat adalah kisah yang diceritakan pelanggan. Pertumbuhan berasal dari referensi pelanggan dan cerita dari mulut ke mulut. Ketika pelanggan mendapatkan produk yang sempurna, itu seperti mendapatkan kebahagiaan yang akan menyebar karena orang-orang membicarakannya.
  1. Orang-orang mengingat bagaimana Anda membuat mereka merasa. Orang-orang akan melupakan apa yang Anda katakan dan lakukan. Mereka akan mengingat bagaimana Anda membuat mereka merasa.
  1. Jangan mencoba menjadi seseorang yang bukan diri Anda. Jadilah nyata dan Anda tidak perlu takut menjadi diri sendiri.
  1. Memiliki gairah dan tujuan. Jika Anda memiliki gairah dan tujuan, maka motivasi akan muncul untuk meningkatkan kinerja.
  1. Merek yang hebat adalah kisah yang tidak pernah berhenti berlangsung. Nike, Apple dan Google dikenal memiliki budaya hebat dan mereka dapat berbuat lebih banyak untuk komunitas. Pemilik saling mendukung dan secara proaktif mendanai startup yang berteknologi tinggi dan rendah yang memperkaya jalinan komunitas. Dengan mengembangkan dan memperkaya koneksi komunitas di sekitar perusahaan, dapat membantu perusahaan menjadi lebih besar dan lebih produktif. Setiap strategi dirancang untuk memperkuat empat pilar merek perusahaan: produk, layanan pelanggan, koneksi, dan komunitas.
  1. Mendorong co-learning dan keterhubungan. Visi untuk membangun masyarakat meluas ke gagasan yang menumbuhkan co-learning dan keterhubungan, yang pada gilirannya menyebabkan peningkatan dalam inovasi dan produktivitas.

 

Referensi:
https://medium.com/disrupting-the-world-one-innovation-at-a-time/10-lessons-on-impactful-leadership-from-zappos-ceo-tony-hsieh-ee73b2df58e9
https://www.thebalancesmb.com/leadership-definition-2948275